Mengenal ginseng beserta manfaatnya

Ginseng merupakan tanaman obat yang sudah dipercaya turun temurun akan khasiatnya untuk meringankan beberapa masalah kesehatan. Tanaman yang satu ini tumbuh diberbagai belahan dunia, mulai dari benua Asia hingga benua Amerika ginseng mudah untuk ditemukan. Dibeberapa negara ginseng memiliki nama yang berbeda beda, seperti ginseng Amerika atau Panax quinquefolius dan ginseng Korea atau Panax schisen.

Dari beberapa jenis ginseng yang ditemukan diberbagai belahan bumi tersebut, hanya jenis ginseng Korea saja yang kualitasnya baik dibandingkan yang lain. Ginseng Korea sering kali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya sebagai bahan pembuatan minuman berenergi. Ya karena didalam ginseng terkandung beberapa senyawa yang bermanfaat, antara lain mineral, kamfer, Saponin, asam organik, minyak vaporosing, asam folat, glikosida, ginsenosides, Ester, phytosterol, sterols, fenolase, resin, zat besi, pansenoside, geomisin N dan A, minyak Atsiri, Neoclavan, vitamin B1, B2, B12, dan vitamin C.

Dan inilah manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh

1. Meningkatkan dan memulihkan stamina

Manfaat ginseng untuk masalah kesehatan yang pertama mungkin tidak asing lagi bagi semua orang, yaitu untuk menambah dan memulihkan stamina. Seperti yang kita ketahui bahwa ginseng merupakan salah satu bahan alami yang merupakan salah satu komposisi untuk pembuatan minuman berenergi. Semua itu dikarenakan zat Saponin yang ada pada ginseng berguna untuk mendorong zat hipofisa bekerja. Zat hipofisa merupakan zat yang berperan memberikan stamina pada seseorang.

2. Menghilangkan Stress

Salah satu kandungan ginseng adalah minyak vaposiring, dimana minyak ini berguna untuk mengatasi stress yang terjadi pada seseorang. Tidak hanya itu saja, minyak ini juga memiliki aroma terapi yang khas, sehingga dapat menenangkan pikiran seseorang.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Tubuh kita memiliki sistem imun, dimana sistem imun ini bermanfaat dalam hal menangkal radikal bebas baik virus ataupun bakteri yang akan menyerang tubuh. Ketika sistem imun seseorang menurun maka bakteri ataupun virus mudah menyerang, namun jika sistem imun dalam kondisi prima maka bakteri ataupun virus susah menyerang. Inilah salah satu manfaat dari ginseng, karena kandungan vitamin C yang dimiliminya maka ginseng dapat membantu menjaga sistem imun agar tetap prima.

4. Melancarkan peredaran darah

Manfaat ginseng selanjutnya adalah melancarkan peredaran darah, ginseng mengandung senyawa etser serta sterols. Dimana kedua senyawa tersebut berguna untuk melancarkan peredaran darah. Tidak hanya itu saja, ginseng juga mengandung zat besi yang berguna meningkatkan hemoglobin.

5. Mengatasi ejakulasi dini

Ginseng ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi ejakulasi dini, cara kerja ramuan dari ginseng ini seperti produk herbal hajar jahanam, yaitu mengurangi sensitivitas organ intim bagi pria. Cara penggunaannya pun hanya dengan menumbuk lalu membalurkan pada area organ intim pria saja sebelum berhubungan intim.

Itulah bebepa manfaat ginseng bagi kesehatan tubuh, ternyata selain bermanfaat menambah stamina seperti yang diketahui oleh Banyak orang ternyata ginseng memiliki manfaat lain untuk kesehatan.

Tinggalkan komentar