Istilah Pukulan Dalam Bulutangkis

Buat anda pemain pemula atau yang baru belajar bermain bulutangkis, tidak ada salahnya mengetahui istilah-istilah pukulan dalam bulutangkis, diantaranya yaitu:

bulutangkis

Service
Adalah pukulan shuttlecock pertama dalam permainan bulutangkis yang harus melewati net secara diagonal ke daerah lawan, tapi tidak boleh keluar dari area menerima service dari lawan. Ada dua service yang biasa dilakukan, yaitu service pendek dengan menggunakan backhand, dan service panjang dengan menggunakan forehand. Ada juga flick service yang kini sedang trend, yaitu service yang seakan-akan pendek tapi nyatanya jauh ke belakang lawan. Hal ini sah-sah saja, asalkan posisi kelapa raket tidak melebihi pusar/pinggang pemain yang melakukan service.

Lob
Adalah pukulan jauh ke belakang lawan anda hingga mencapi daerah base line, biasanya berbentuk ½ atau 1/3 parabola, berguna untuk memancing lawan anda untuk men-smash. Anda harus siap untuk mengantisipasi serangan lawan akibat pukulan lob yang anda lakukan ini. Lob bisa dilakukan dengan cara overlob dari atas kepala anda atau pun underlob dengan memulai pukulan dari bawah.

Netting
Adalah pukulan yang mengakibatkan shuttlecock menyerberangi net sedekat mungkin, bahkan bergulir di atas net. Diperlukan feeling yang bagus untuk dapat melakukan pukulan ini.

Smash
Adalah pukulan yang penuh tenaga, memukul shuttlecock dengan sudut selancip mungkin hingga melewati net, bahkan dapat dilakukan sambil meloncat.

Dropshot
Adalah pukulan tipuan, dilakukan seperti ingin menyemash, tapi shuttlecock datang ke daerah lawan dekat dengan net dan pelan.

Forehand
Merupakan pukulan terhada shuttlecock yang biasa dilakukan dengan telapak tangan menghadap ke depan/arah lawan.

Backhand
Adalah pukulan dengan posisi punggung tangan menghadap lawan, pukulan ini biasanya sangat tergantung pada pergelangan tangan anda yang dibantu oleh kekuatan jari jempol.

Drive
Adalah pukulan yang lurus dengan kecepatan yang sedang sampai cepat, berulang-ulang, posisi raket harus selalu siaga di atas net untuk melakukan ini. Dapat dilakukan dengan pukulan forehand maupun backhand.

Semoga istilah-istilah tersebut berguna bagi anda para pemain pemula bulutangkis. Bisa jadi banyak salahnya dan kekurangannya, karena yang menulis artikel ini bukanlah yang ahli dan professional dalam bermain badminton, tapi hanya sekadar hobi saja.

Tinggalkan komentar