Beberapa Kendala Utama Instalasi Pengolahan Air Limbah yang Menghambat Peningkatan Mutu Kesehatan Lingkungan

Pembangunan instalasi pengolahan air limbah menjadi kebutuhan utama di pemukiman perkotaan maupun di sektor industri. Sayangnya, meski dianggap penting pembangunan IPAL ternyata sering menghadapi berbagai kendala sehingga menghambat peningkatan mutu lingkungan maupun memperparah laju pencemaran lingkungan. Kendala pembangunan IPAL tak hanya muncul pada sektor industri besar saja, namun juga sering muncul pada pembangunan IPAL komunal di pemukiman warga. Sebenarnya kendala apa saja yang sering muncul pada pembangunan IPAL?

Beberapa Kendala Utama Instalasi Pengolahan Air Limbah yang Menghambat Peningkatan Mutu Kesehatan Lingkungan

Kendala Pembangunan IPAL yang Sering Muncul di Sektor Industri Maupun Komunal

  • Kurangnya kesadaran warga mengenai manfaat IPAL

Kebutuhan akan instalasi pengolahan air limbah sebenarnya sudah sangat mendesak di pemukiman perkotaan. Namun, tak semua masyarakat perkotaan memahami pentingnya keberadaan IPAL sehingga pembuatan IPAL komunal belum menjadi prioritas di sebagian besar kota besar. Di samping itu, kendala pembangunan IPAL juga muncul dari kurangnya minat masyarakat setempat untuk turut serta dalam aktivitas pembuatan maupun perawatan IPAL. Tapi, kendala ini bisa teratasi apabila masyarakat telah merasakan keuntungan dari hadirnya IPAL di sekitar mereka.

  • Biaya pembangunan IPAL yang mahal

Pembangunan IPAL memakan biaya yang tidak sedikit terutama untuk pembangunan IPAL industri berskala besar. Sedangkan pembangunan IPAL komunal terkendala dari terbatasnya biaya yang diberikan oleh pemerintah sehingga terkadang masyarakat harus mencari dana tambahan guna mencukupi kebutuhan pembangunan IPAL. Belum lagi dengan biaya survey, operasional dan perawatan IPAL tentu membutuhkan suatu perencanaan yang matang sebelum rencana pembuatan IPAL dieksekusi. Permasalahan biaya tinggi ini sebenarnya masih bisa diatasi dengan mengikutsertakan masyarakat dalam proses pencarian dana, pembangunan dan perawatan IPAL.

  • Pembebasan lahan yang memakan waktu

Selain biaya survey, pembangunan dan perawatan IPAL, pembebasan lahan juga menjadi kendala dalam pembangunan IPAL. Hal ini bisa terlihat pada kasus pembangunan IPAL di kawasan Sungai Selayur, Palembang dan kota Malang. Harga lahan yang cukup tinggi serta terbatasnya lahan kosong di perkotaan membuat proses pembebasan lahan menjadi berbelit-belit. Meskipun permasalahan ini bisa diatasi dengan mengganti harga lahan yang terpakai, namun harga yang harus dibayarkan juga cukup tinggi, sehingga menjadi beban pembangunan IPAL.

Tinggalkan komentar