Apa Itu IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) ?

Apa Itu IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Apa Itu IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) ? – Salah satu problematika negeri ini adalah masalah limbah yang tidak berkesudahan. Banyaknya pihak yang masih membuang limbah sembarangan mulai membuat pemerintah mengeluarkan tindakan tegas untuk mencegah masalah lebih lanjut. Seperti Dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Dan Perusakan Laut. Kemudian dengan sosialisasi sistem IPAL.

IPAL sendiri adalah suatu rancangan alat dan seluruh perlengkapannya yang berfungsi untuk mengolah air limbah sisa proses produksi agar layak dibuang ke penampungan atau lingkungan. Peralatan IPAL sendiri dirancang khusus oleh para ahlinya. Dengan adanya sistem IPAL ini, kita bisa memastikan bahwa cairan limbah aman jika dibuang ke luar.

Air limbah sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu limbah domestik serta ada juga limbah industri. Untuk kategori limbah domestik ini sendiri adalah limbah yang dari kegiatan rumah tangga sedangkan limbah industri sudah jelas berasal dari proses produksi yang dilakukan di pabrik – pabrik. Limbah domestik ini masih dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu air hitam dan air hijau. Air hitam ini merupakan cairan limbah yang berasal dari kotoran manusia, yang berupa tinja atau feses. Sedangkan air hijau merupakan hasil kegiatan rumah tangga lainnya, seperti mencuci, mandi, dan lain – lain.

Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh IPAL ini. Manfaatnya pun bisa dirasakan semua makhluk hidup, tidak hanya manusia saja. Yang paling utama adalah teknologi IPAL bisa membuat kehidupan biota-biota air tawar maupun laut tetap terjaga. Setelah dioleh dengan peralatan IPAL, limbah sudah aman jika dibuang dipenampungan umum sehingga efeknya bisa berkurang. IPAL pun juga membuat cairan limbah bisa dimanfaatkan kembali. Misalnya air bekas mandi dan mencuci setelah dioleh dengan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) bisa Anda gunakan lagi untuk mengguyur kloset di rumah, menyiram tanaman di halaman seperti rumput dan bunga-bunga, serta mencuci mobil. Bahkan jika peralatan IPAL sudah canggih, cairan limbah sisa rumah tangga bisa dimanfaatkan kembali untuk mandi dan minum. Hebat bukan?

Pada prinsipnya, IPAL dibuat dengan tujuan untuk untuk pengolahan limbah lebih lanjut serta pengelolaannya agar limbah yang dibuang tidak mencemari lingkungan dan membuat kehidupan ke depannya lebih aman dan terjaga.

Tinggalkan komentar